Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Penyebab Wanita Hamil Terlihat Lebih Cantik
January 20, 2017
Bunda Sudah Tahu Belum? Tips and Trick, Memilih Pakaian Untuk ibu Hamil Sesuai Syariat Islam
January 21, 2017

Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Halo, Moms ! Balik lagi nih. Kali ini kita akan membahas tentang Konsumsi vitamin A yang aman pada masa kehamilan. Pernah dengar tidak tentang konsumsi vitamin A yang tidak benar dapat membahayakan janin yang ada di perut Moms? Wah, mengejutkan ya! Padahal vitamin A dibutuhkan Ibu yang sedang hamil untuk kesehatan penglihatan, imun & perkembangan serta pertumbuhan janin Moms di dalam kandungan. Hmmm.. kenapa ya? Mari kita bahas.

KENAPA KONSUMSI VITAMIN A MEMBAWA DAMPAK BURUK UNTUK IBU HAMIL?

Vitamin A adalah jenis vitamin yang larut dengan lemak kita yang dimana tubuh kita akan menyimpannya. Apabila kuantitasnya melebihi dari yang seharusnya dibutuhkan tubuh, maka akan terjadi penumpukan vitamin A di tubuh kita. Ada 2 bentuk vitamin A, yaitu preform vitamin A (retinol) & provitamin A (karoten). Biasanya bentuk vitamin A preform ada di dalam makanan seperti ikan, daging, susu, sereal, telur yang sudah difortifikasi dan juga suplemen vitamin A. Dan yang bentuk vitamin A karoten ada didalam sayur dan buah.

Pada masa kehamilan, Moms dianjurkan untuk tak terlalu banyak konsumsi preform vitamin A dikarenakan vitamin A bentuk ini lebih cepat menyerap di tubuh serta lama dihilangkan. Jumlah aman Moms untuk mengkonsumsi vitamin A ialah tak lebih dari 10.000 IU. Kelebihan vitamin A bentuk preform bisa menimbulkan kecacatan pada bayi dan juga mengakibatkan keracunan pada hati. Namun, Moms masih bisa mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk karoten sebanyak mungkin dari makan buah serta sayur.

  1. Cacat lahir

Sebenarnya cacat lahir pada bayi karena kelebihan vitamin A ini masih pro-kontra. Sejumlah ahli ada yang menyakan tidak ada bukti bahwa kelebihan vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir dengan dosis lebih dari 8000 IU / lebih dari 10.000 IU per hari. Sebaliknya banyak ahli menyatakan ketika Ibu hamil mengkonsumsi melebihi 10.000 IU/ 3 mg per hari bisa mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan cacat.

Cacat lahir berarti terjadi perubahan pada fisik di bayi seperti otak, jantung serta kaki. Cacat tingkatan cacat lahir terjadi ini ada yang tingkat ringan hingga tingkat yang berat.

Meskipun masih pro-kontra, kita harus tetap berhati-hati Moms. Konsultasi ke dokter merupakan jalan terbaik bagi Moms. Apa perlu Moms mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan atau hanya harus memperbanyak konsumsi buah sayuran. Karena kelebihan vitamin A maupun kekurangan vitamin A sama-sama memiliki dampak buruk bagi janin ataupun Moms sendiri.

Hindari konsumsi suplemen yang ada Vitamin A didalamnya serta hindari juga konsumsi hati karena makanan ini mengandung vitamin A yang tinggi jika Moms sedang hamil atau sedang merencanakan untuk hamil. Lebih baik konsumsilah vitamin A karoten yang bersumber dari sayur dan buah.

  1. Hipervitaminosis A

Mengkonsumsi suplemen dengan dosis tinggi terutama suplemen vitamin A bisa menyebabkan tubuh keracunan vitamin. Seperti cacat lahir, keracunan vitamin A yang diakibatkan mengkonsumsi vitamin A preform dalam dosis yang tinggi. Keracunan vitamin A disebut dengan Hipervitaminosis A. Ada dua hipervitaminosis A, yaitu hipervitaminosis A akut dan hipervitaminosis A kronis.

Tipe yang pertama, hipervitaminosis A terjadi langsung sehabis konsumsi vitamin A dalam jumlah yang banyak. Sedangkan tipe kronis terjadi diakibatkan vitamin A yang ada didalam tubuh bertumpuk dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan vitamin A (hipervitaminosis) ini dapat menimbulkan kerusakan di hati serta menaikkan tekanan pada otak. Gejala bahwa kita menderita Hipervitaminosis A tipe akut ini ialah ditandai dengan mual, nyeri pada perut, sakit kepala, kantuk serta muntah. Tanda-tanda hipevitaminosis A tipe kronis diantaranya ialah pandangan kabur, sakit kepala, nafsu makan yang berkurang, mual & muntah, tulang sakit & nyeri, kulit menjadi kasar, kering, gatal serta mengelupas.

PANDUAN MENGKONSUMSI VITAMIN A YANG AMAN

Konsultasikanlah dengan dokter Moms terlebih dahulu, apabila ingin konsumsi suplemen vitamin A ketika hamil. Kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karena dapat dampak buruk bagi janin. Mayoritas vitamin prenatal mengandung vitamin A beta karoten ataupun vitamin A preform dengan dosis yang tinggi. Minyak hati ikan dalam bentuk suplemen pun terkandung vitamin A yang tinggi dosisnya. Pastikan kandungan vitamin A nya tak melebihi 1,5 miligram atau sama dengan 5000 IU. Atau Moms juga bisa penuhi kebutuhan vitamin A dengan makanan.

Lalu, hindari makan hati terlalu sering lebih baik makan hati hanya 1 kali dalam seminggu dikarekan hati mengandung vitamin A preform yang tinggi. Apabila bunda sudah menkonsumsi hati, maka jangan konsumsi suplemen vitamin A, begitu pula sebaliknya. Jauhi obat jerawat isotretinoin (mengandung retinol yang merupakan salah satu bentuk vitamin A) semasa hamil ataupun yang sedang ingin hamil.

Yang perlu diperhatikan adalah kekurangan vitamin A juga tidak baik untuk janin begitu pun sebaliknya, Moms. Maka dari itu diharuskan mengkonsumsi vitamin A secara cukup. Tak kurang dan tak lebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *