Bahaya Bunda Hamil Mengkonsumsi Mie Instan

Pencegahan Keracunan Makanan Pada Ibu Hamil
January 24, 2017
asi
Apa Benar, Operasi Caesar Dapat Mempengaruhi Pemberian ASI Bagi Buah Hati?
January 24, 2017

Bahaya Bunda Hamil Mengkonsumsi Mie Instan

Bahaya mie instan bagi bunda hamil

Mie Instan? Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini, makanan ini begitu polpular bagi kalangan dewasa maupun anak kecil. Siapa yang tidak suka karena makanan ini gratis dan mudah dibawa. Untuk sekedar nongkrong dengan teman, rasanya mie instan ini memang teman gembira paling pas, semua orang boleh makan mie instan asalkan dengan batasan aturan tertentu. Lalu bagaimana dengan Bunda yang sedang hamil? Sebenarnya boleh tidak sih???

Banyak perdebatan mengenai hal tersebut, ada yang membolehkan ada juga yang sebaliknya.

 

Kandungan Zat dalam Bahaya Mie Instan

Dampak kesehatan yang merugikan setelah mengkonsumsi mie instan tersebut. Banyak disebabkan oleh kandungan bahaya didalam mie instan. Bagi ibu hamil dan juga masyarakat harus tau dengan dampak yang dihasilkan dari kandungan mie instan. Berikut ini kandungan dalam mie instan yang harus di ketahui :

 

 

  • Monosodium Glutamate (MSG)

Yang paling berbahaya dalam mienya adalah bumbunya, kalau tidak percaya bunda bisa menyiramkan kuah mie instan yang telah diberikan bumbu ke tanaman. Dalam jangka minimal 1 minggu, tanaman yang setiap harinya disiram menggunakan kuah mie instan tersebut bisa mati. Begitu pula dengan bumbu mie instan yang masuk kedalam tubuh secara terus menerus.

 

Hal itu bisa membuat organ tubuh kita banyak yang tidak berfungsi atau bahkan rusak. Seperti saat bumbu mie instan merusak jaringan yang ada di dalam tumbuhan tersebut. Didalam bumbu mie instan terdapat MSG. MSG itulah yang membuat citarasa bumbu mie instan menjadi gurih. Mengkonsumsi MSG secara berlebihan untuk bunda yang sedang hamil sangat tidak bagus karena terutama untuk janin.

 

  • Zat Pengawet

Mie instan juga memiliki zat pengawet, zat pengawet tersebutlah yang membuat mie instan awet disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Zat tersbut sangat berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak.

 

  • Tartazine

Bahan yang kerap disebut sebagai zat pewarna makanan ini digunakan sebagai pewarna mie instan agar memiliki wana yang kuning yang indah.

 

  • Natrium Karbonat serta Kalium Karbonat

Salah satu zat yang ada didalam kandungan mie instan ini berfugsi dalam mengatur keseimbangan asam.

 

Setelah mengetahui kandungan yang berbahaya dalam mie instan, sekarang akan dibahas tentang bahaya ibu hamil yang makan mie instan. Ibu hamil harus tahu apa saja makanan yang menjadi pantangan selama ibu hamil. Mie instan merupakan salah satu makanan yang masuk ke dalam daftar salah satu makanan yang menjadi pantangan makanan tersebut. Berikut ini berbagai macam bahaya ibu hamil makan mie instan :

 

  • Maag Akut Atau Maag Kambuh

Kandungan natrium yang ada pada mie instan bisa menyebabkan maag akut pada ibu hamil terutama ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung. Ibu hamil yang memiliki maag juga akan merasakan perih saat mengkonsumsi mie instan, namun perbedaan mual hamil atau maag harus bisa dibedakan. Penyebab kandungan natrium pada mie instan bisa menyebabkan maag adalah berikut ini :

 

  • Natrium yang ada pada mie instan bisa menetralkan asam lambung.
  • Asam lambung yang dinetralkan bisa membuat lambung bisa melakukan sekresi asam dalam jumlah yang besar.
  • Sekresi itu bertujuan agar mie instan yang masuk ke dalam lambung bisa dicerna dengan baik.
  • Terlalu banyaknya asam yang dikeluarkan oleh lambung membuat kadar asam lambung mengalami peningkatan.
  • Asam lambung yang mengalami peningkatan bisa mengkikis dinding lambung, pengkikisan dinding lambung itu menyebabkan rasa perih pada lambung.
  • Peningkatan asam lambung itu juga menyebabkan penyakit asam lambung menjadi kambuh.
  • Jika dinding lambung terkikis terus menerus, ibu hamil bisa mengalami maag akut dengan kondisi dinding lambung yang sudah berlubang.
  • bunda hamil muda bisa mengalami mual dan muntah hebat ketika asam lambung kambuh, sedangkan ibu yang hamil tua juga akan merasakan tidak nafsu makan. Ibu yang hamil tua itu merasakan mual dan muntah seperti morning sickness kembali.

 

 

  •  Mengalami Keguguran

Zat kimia di dalam mie instan serta zat pengawetnya bisa menyebabkan bunda hamil mengalami keguguran. Zat dalam mie instan itu bisa menembus ke dalam plasenta dan menyebabkan keguguran

 

 

  • Mual

MSG yang masuk berlebihan di dalam tubuh bunda hamil akan merangsang mual. Kandungan natrium pada mie instan tersebut juga menyebabkan kadar sam lambung ibu hamil menjadi tinggi. Kadar asam lambung yang tinggi itulah yang menjadi penyebab bunda hamil akan merasakan mual.

 

  • Menganggu Pertumbuhan Janin

Bahaya bunda hamil makan mie instan juga karena adanya kandungan MSG atau vetsin yang bisa menyebabkan perkembangan janin terganggu. Sama halnya dengan kandungan berbahaya dalam mie instan, MSG ini juga bisa masuk ke dalam plasenta dan menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya.

 

Bahaya bunda hamil makan mie instan sering diabaikan oleh ibu yang sedang hamil, hal tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan sebelum hamil yang terbawa sampai saat hamil. Tidak hanya itu saja, citarasa segar dan gurih pada mie instan tersebut membuat ibu hamil merasakan ketagihan dengan citarasa dari mie instan tersebut. Oleh sebab itulah, pengetahuan akan efek konsumsi mie instan yang nerlebiha, perlu diketahui oleh banyak orang. Diharapkan konsumsi mie instan dibatasi terutama pada bunda yang sedang hamil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *