Mimisan Pada Bunda Hamil

Kenali Kandungan Kosmetik Berbahaya Untuk Ibu Hamil
January 25, 2017
Penggunaan Handphone Sebelum Tidur Pada Ibu Hamil
January 25, 2017

Mimisan Pada Bunda Hamil

Nosebleed while pregnancy

Bunda pernah mengalami mimisan ketika kehamilan? Bunda tidak perlu khawatir  karena faktanya selama kehamilan hal ini pernah terjadi  karena menngandung memberikan dampak pada pembuluh darah di hidung menjadi membesar dan hal tersebut mengakibatkan suplai darah meningkat dan menyebabkan mimisan. Namun hal ini bukanlah hal yang harus dianggap sepele, karena mimisan pada ibu hamil memliki resiko tersendiri.

Apabila pada masa pra kehamilan mengalami infeksi sinus dingin atau alergi pada cuaca dingin, lingkungan kering, atau penyebab lainnya maka bunda dapat mengalami mimisan kembali. Mimisan pra kehamilan juga disebabkan oleh trauma dan kondisi medis ternetu semisal tekanan darah tinggi.

Adapun cara mengatasi mimisan supaya  berhenti lebih cepat adalah, ketika hidung mengucurkan darah segeralag ambil posisi duduk kemudia posisikan kepala lebih tinggi dari posisi jantung atau dada. Dan berikan sumbatan lubang hidung  mimisan anatara 5-10 menit.

Cara selanjutnya ialah berikan pijatan lembut pada bagian bawah hidung sampai ke area wajah. Dan jangan buka sumbatan hidung kurang dari 5 menit karena pendarahan akan terus belanjut.

Kompreslah dengan air dingin untuk mengkonstriksi pembulu darah pada  bagian sekitar hidung dan pipi. Dan jangan ambil posisi tidur atau miring karena darah yang belum mengering atau membeku bisa masuk ke tenggorokan sehingga menyebbakan mual dan muntah.

Apabila ibu mengalami mimisan setelah mengalami cidera kepala maka diperlukan ahli medis untuk mengatasi hal tersebut dan mengurangi resiko yang berbahaya.

Berikut tips mencegah mkmisan pada ibu hamil dengan memperbanyak minum cairan tanbahan. Bernafas dengan lembut karena jika bernafas dan meniup dengan agresif bisa menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil. Ketika bersin jagalah mulut tetap terbuka, hindari  udara kering dan berasap.

Itulah sekilas tentang fenomena mimisan pada ibu hamil. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *