Mitos, Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Pindah Rumah? Bagaimana Menurut Islam

Makanan Terbaik Untuk Ibu Yang Usia Kehamilannya Trisemester ke-3
January 26, 2017
Perkembangan Janin 3 Bulan (12 Minggu)
January 26, 2017

Mitos, Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Pindah Rumah? Bagaimana Menurut Islam

Assalamu’alaykum, Bunda! Gimana kabarnya? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan selalu. Apa bunda saat ini sedang hamil? Jika iya, maka bunda pasti sering mendengar yang seperti ini..

 

“ kalau lagi hamil ga boleh ini….., ga boleh itu… nanti anaknya begini, jangan begitu, kamu lagi hamil nanti …,”

 

Ya, adaaaa saja larangan-laranga yang pantang menurut masyarakat sekitar untuk dilakukan ibu hamil yang kadang tidak masuk diakal (mitos).  Yang seperti ini biasa dikenal pamali. Menurut masyarakat sekitar atau dari keluarga bunda, misalnya orang-orang dulu yang masih mempercayai hal-hal seperti itu percaya, jika larangan tersebut dilakukan maka akan berdampak buruk ke janin yang sedang dikandung ataupun ke Bunda sendiri.

 

Kali ini kita akan membahas tentang mitos/ larangan pindah rumah bagi bunda yang hamil.  Dan bagaimana menurut pandangan Islam?

 

Mitos tentang larangan pindah rumah ternyata lumayan mengakar lho, di masyarakat. Katanya sih, pa-ma-li. Tetapi, mungkin mitos ini muncul dikarenakan jika pindah rumah merupakan kegiatan yang dapat menguras tenaga. Dan dalam masalah ini, dikahawatirkan jika Bunda yang sedang hamil mengangkat benda-benda berat dapat membahayakan anak yang sedang dikandung Bunda.

 

Menurut Islam sendiri, larangan seperti ini tidak ada dalam ajaran Islam. Dan mempersilahkan saja jika Bunda yang sedang hamil ingin pindah dari rumah lama ke rumah yang baru. Islam hanya memerintahkan kita, yang sebagai umat muslim tetap berpegang teguh pada syariat-syariat Islam yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Dan bukan pada ajaran, larangan, maupun mitos yang asal-usulnya tak jelas.

 

Sekian, Bunda pembahasan kali ini. Semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak Bunda ya. See you ! Wassallam. ☺

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *