Perkembangan Janin 3 Bulan (12 Minggu)

Mitos, Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Pindah Rumah? Bagaimana Menurut Islam
January 26, 2017
Resiko Mandi Malam Pada Ibu Hamil
January 26, 2017

Perkembangan Janin 3 Bulan (12 Minggu)

Pada masa perkembangan janin berusia 3 Bulan (12 minggu) bunda mulai memperhatikan akan kehamilannya. Embrio dalam janin kini telah berkembang menjadi janin, jann bentuknya sudah menyerupai manusia, tidak hanya berbentuk embrio saja, embrio telah berubah menjadi bakal janin saat usia kehamilan memasuki usia 10 minggu, untuk memasuki usia 3 bulan embrio telah berubah menjadi bakal janin.

 

bunda hamil 3 bulan sudah dapat merasakan pergerakan janin terasa didalam rahimnya. Pergerakan tersebut tidak teratur seperti janin yang berumur 5 bulan ke atas, namum bunda hamil yang mempunyai kulit tipis biasanya bunda bisa merasakan pergerakan janinnya tersebut. Tugas bunda hamil adalah selalu menjaga kesehatan janin yang berada didalam kandungan bunda. Janin yang berusia 3 bulan rentan untuk terkena keguguran, oleh sebab itu bunda harus sangat ekstra berhati-hati dalam menjaga janin yang ada pada rahim bunda.

 

Perkembangan Janin

 

Bunda harus mengetahui perkembangan janin yang ada pada rahim bunda apakah perkembangan sesuai dengan perkembangannya atau tidak. Bunda hamil harus     tahu apakah janin yang dikandungan itu sudah sesuai dengan perkembangannya atau tidak.

 

Beriut ini perkembangan janin 3 bulan yang harus bunda ketahui oleh bunda hamil :

 

  1. Saat usia kehamilan 3 bulan, janin sudah memliki wajah yang dilengkapi dengan mata mulut, hidung dan bahan lainnya.
  2. Janin memiliki 32 macam bakal gigi secara permanen.
  3. Janin memiliki jari-jari kecil yang sudah dilengkapi dengan kuku-kuku kecil, sudah ada dijari tangan maupun jari kaki.
  4. Alat kelamin saat memasuki usia janin 2 bulan sudah terbentuk saat usianya 3 bulan organ intim belum bisa berkembang secara sempurna, sehingga janin belum bisa terlihat lebih jelas.
  5. Janin didalam rahim mulai ngisap bahkan janin mulai melakukan buang air kecil.
  6. Pekermbangan janin dalam janka waktu 12 minggu atau 3 bulan sudah mencapai 3.6 inci
  7. Janin pada usia 12 minggu atau 3 bulan sudah mulai menguap bahkan sudah mulai bisa menggeliat

 

Asupan Makanan

Saat janin memasuki usia 12 minggu atau 3 bulan bunda harus memperhatikan fase makanannya. Bunda hamil harus benar-benar menjaga kesehatan dan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, asupan makanan yang masuk ke dalam tubu digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, selain itu     makanan sehat untuk bunda hamil ini sebagai energi ibu hamil ketika akan melahirkan, menyusui dan juga memulihkan luka pasca melahirkan bunda hamil juga perlu mengatur menu makanan yang akan dimakannya.

 

Langkah Pemenuhan Gizi Ibu Hamil 3 Roll

Berikut ini hal yang dilakukan ibu hamil saat malakukan pemenuhan gizi ibu hamil :

 

  1. Makan secara rutin minimal 3 kali sehari
  2. Menyajikan berbagai macam makanan yang banyak mengandung gixi tinggi. Gizi tinggi tersebut makanan yang ada didalam daftar 4 sehat 5 sempurna
  3. Membuat berbagai macam makanan olahan atau makanan yang beraneka ragam agar ibu hamil tidak merasakan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

 

Menu Makanan Bunda Hamil 12 Bulan atau 3 Minggu

Bunda yang sedang hamil tentu bingung dengan menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saaat kehamilannya bunda yang sedang hamil sering merasakan bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja oleh sebab itu bunda hamil perlu mengkombinasikan menu makanan yang dikonsumsinya agar tidak bosan dan bergizi tentunya.

 

Berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh bunda hamil selama kehamilan 3 bulan (12 Minggu):

  1. Bubur kacang hijau jika dikonsumsi bunda hamil akan bagus untuk perkembangan janin yang ada didalam rahimnya.
  2. Jika bunda masih mengalami mualdan muntah,bunda bisa mengkonsumsi roti yang kering sari buah, dan sering minum susu hamil.
  3. Mual dan muntah bisa teratasi dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering selama 3 jam sekali. Mual yang diderita bunda hamil pun bisa berkurang degan pola makan seperti itu.
  4. Menu makan pagi yang bisa dibuat oleh bunda hamil adalah susu hamil, nasi dan juga telur dadar maupun direbus. Ibu hamil bisa menambahkan kedalam menunya oseng kacang panjang dicampurkan dengan tahu putih, alangkah baiknya bunda hamil juga mengkonsumsi bubur kacang hijau saat menasuki jam 10.00 pagi
  5. Makan bunda hamil bisa menggunakan menu nasi dengan pepes ikan kembung, selain itu bunda bisa mengkonsumsi kripik tempe dengan sayur bening, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk bunda hamil sebagai penutup. Susu hamil kembali saat sore hari minimal pukul 16.00 sore.

 

Hal Yang Harus Diwaspadai Bunda Hamil :

Perkembangan janin 12 minggu atau 2 bulan merupakan usia kandungan yang rentan, bunda hamil harus berhati-hati dalam menjaga kandungannya. Saat usia janin 3 bulan bunda hamil masih mengalami morning sickness namun akan menjadi normal saat memasuki usia tiga bulan. bunda hamil sudah memiliki nafsu makan yang lebih bagus dibandingkan usia kehamilan 1 bulan dan 2 bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *